• Judul: Pendidikan Sains SD 1
    • Penulis: Ketut Sri Kusuma Wardani, M.Pd. Fitri Puji Astria, M.Pd. Nurwahidah, M.Pd. Hasnawati, M.Pd
    • Layout: Fatia Hijriyanti
    • Design Sampul: Tim Mataram University Press
    • Design Isi: Fatia Hijriyanti
    • Penerbit: Mataram University Press Jln. Majapahit No. 62 Mataram-NTB Telp. (0370) 633035, Fax. (0370) 640189, Mobile Phone +6281917431789 e-mail: [email protected] website: www.uptpress.unram.ac.id.
     

    KATA PENGANTAR

    Buku Ajar Pendidikan Sains SD ini dikembangkan untuk memenuhi pembelajaran online pada masa pendemi covid-19, dimana pembelajaran dilakukan secara Blended Learning. Rancangan mata kuliah ini berbasis pada LMS Moodle yang dioperasikan melalui Sistem Pembelajaran Daring Universitas Mataram yang lebih dikenal dengan nama daring.unram.ac.id dengan laman: https://daring.unram.ac.id/course/view.php?id=7432. Ada 9 CPMK yang dicanangkan dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang melahirkan 16 SubCPMK. Pada Buku Pendidikan Sains SD 1 ini memuat 4 CPMK yang terdiri atas 7 Sub-CPMK. Masing-masing Sub-CPMK memuat: pendahuluan, uraian materi, rangkuman, kegiatan diskusi, tes formatif, dan daftar pustaka. Terimakasih juga penulis ucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam pengembangan buku digital hibah ini. Dengan segala kerendahan hati, ucapan terimakasih khususnya penulis ucapkan kepada:
    1. Tim LPMPP UNRAM yang telah memberikan modal pengetahuan dan keterampilan tentang pengembangan pembelajaran daring berbasis Moodle.
    2. Tim Spada UNRAM sebagai teamwork dan Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unram atas dukungannya
    3. Mahasiswa yang sedang memprogramkan maupun yang sudah menyelesaikan matakuliah Pendidikan Sains SD melalui laman ini.
    Semoga laman ini bermanfaat untuk kemajuan layanan pendidikan di Universitas Mataram.

    Mataram, 29 Juli 2022 Tim Penulis

    • Judul: Pendidikan Sains SD (Pedoman Praktikum Sains SD)
    • Penulis: Nurwahidah, M.Pd. Hasnawati, M.Pd Ketut Sri Kusuma Wardani, M.Pd. Fitri Puji Astria, M.Pd.
    • Layout: Fatia Hijriyanti
    • Design Sampul: Tim Mataram University Press
    • Design Isi: Tim Mataram University Press
    • Penerbit: Mataram University Press Jln. Majapahit No. 62 Mataram-NTB Telp. (0370) 633035, Fax. (0370) 640189, Mobile Phone +6281917431789 e-mail: [email protected] website: www.uptpress.unram.ac.id.
     

    KATA PENGANTAR

    Buku Pedoman Praktikum Sains SD ini dikembangkan untuk menunjang pemenuhan pembelajaran online pada masa pendemi covid-19 khususnya pada mata kuliah Pendidikan Sains SD. Pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Sains SD dilakukan secara Blended Learning. Rancangan mata kuliah ini berbasis pada LMS Moodle yang dioperasikan melalui Sistem Pembelajaran Daring Universitas Mataram yang lebih dikenal dengan nama daring.unram.ac.id dengan laman: https://daring.unram.ac.id/course/view.php?id=7432. Buku Pedoman Praktikum Sains SD ini merupakan hasil pengembangan dari buku panduan praktikum yang telah disusun sebelumnya. Pengembangan yang dilakukan tidak hanya pada isi dan sistematika buku pedoman praktikum, akan tetapi mengembangkan satuan acara praktikum berdasarkan kurikulum yang digunakan sekarang. Dalam pelaksanaan praktikum Sains SD di laboratorium, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam melakukan pengamatan, kemampuan memproses data, dan kemampuan mengintepretasikan (menganalisa) data. Karena itulah diperlukan sebuah buku pedoman praktikum yang berisikan serangkaian instruksi praktikum yang dapat membimbing dan membina mahasiswa dalam memahami dan mengembangkan konsep-konsep Sains SD melalui pengamatan langsung. Pada akhirnya diharapkan antara materi Sains SD yang diberikan pada saat perkuliahan dan kegiatan praktikum di laboratorium dapat bersesuaian dengan yang lain. Terimakasih juga penulis ucapkan kepada pihakpihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan hibah ini. Dengan segala kerendahan hati, ucapan terimakasih khususnya penulis ucapkan kepada:
    1. Tim LPMPP UNRAM yang telah memberikan modal pengetahuan dan keterampilan tentang pengembangan pembelajaran daring berbasis Moodle.
    2. Tim Spada UNRAM sebagai teamwork dan Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unram atas dukungannya
    3. Mahasiswa yang sedang memprogramkan maupun yang sudah menyelesaikan matakuliah Pendidikan Sains SD melalui laman ini. Semoga laman ini bermanfaat untuk kemajuanlayanan pendidikan di Universitas Mataram. Tim Penyusun
    • Judul: Pemograman Komputer Dasar
    • Penulis: Dr. Amrullah, M.Si. Nourma Pramestie Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    • Layout: Fatia Hijrianti
    • Design Sampul: Tim University Press
    • Design Isi: Fatia Hijrianti
    • Penerbit: Mataram University Press Jln. Majapahit No. 62 Mataram-NTB Telp. (0370) 633035, Fax. (0370) 640189, Mobile Phone +628111444499 e-mail: [email protected] website: www.uptpress.unram.ac.id.
     

    KATA PENGANTAR

    Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas terselesaikannya buku ajar untuk mata kuliah Pemrograman Komputer Dasar (Macro Excel). Buku ajar ini ditulis untuk melengkapi bahan referensi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Buku ajar ini disusun guna melengkapi kelas daring yang disediakan pada platform http://daring.unram.ac.id dan dapat dijadikan acuan mahasiswa dalam mempelajari serta mempraktikkan materi yang diberikan secara mandiri. Buku ini menyajikan topik-topik pemrograman komputer dasar yang dibagi dalam enam bab, yaitu (1) Pengantar Macro Excel; (2) Perintah Input-Output dan Pengendalian; (3) Perintah Pengulangan (Looping); (4) Array, InputBox, dan MsgBox; (5) Fungsi, Algoritma, dan Scope Variable; dan (6) Form. Materi-materi yang disajikan dalam buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh dan latihan yang dapat dipraktikkan secara mandiri untuk meningkatkan kemampuan pemrograman pada level dasar. Saran dan kritik dari para pembaca sangat diharapkan untuk lebih meningkatkan kualitas buku ajar ini di masa mendatang. Akhirnya penulis berharap buku ajar ini dapat bermanfaat, terutama untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang memprogramkan mata kuliah Pemrograman Komputer Dasar.

    Mataram, Agustus 2022

    Ttd Tim Penulis

    • Judul: Pembelajaran Mesin
    • Penulis: Gibran Satya Nugraha, S.Kom., M.Eng
    • Editor: Sarkawi, SH.,MH
    • Layout: AlBadawi
    • Design Sampul: Tim Mataram University Press
    • Design Isi: AlBadawi
    • Penerbit: Mataram University Press Jln. Majapahit No. 62 Mataram-NTB Telp. (0370) 633035, Fax. (0370) 640189, Mobile Phone +6281917431789 e-mail: [email protected] website: www.uptpress.unram.ac.id.
     

    KATA PENGANTAR

    Alhamdulillahirrahmanirrahim. Segala puji kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wa ta’ala karena dengan limpahan rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyusun Buku Ajar Digital mata kuliah Pembelajaran Mesin ini. Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Buku Ajar Digital ini. Dalam penyusunan Buku Ajar Digital 2022 ini kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan baik dari bentuk penyusunan maupun materi yang terkandung di dalamnya. Saran dan kritik konstruktif dari Bapak/Ibu Reviewer sangat kami harapkan untuk penyempurnaan media pembelajaran daring pada mata kuliah ini. Semoga dengan tersusunnya bahan ajar daring ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pendidikan di Universitas Mataram.

    Mataram, Agustus 2022 ttd Gibran Satya Nugraha

    • Judul: Pembelajaran Matematika SD
    • Penulis: Mohammad Archi Maulyda Asri Fauzi Vivi Rachmatul Hidayat
    • Editor: Sarkawi, SH.,MH
    • Layout: AlBadawi
    • Design Sampul: Tim Mataram University Press
    • Design Isi: AlBadawi
    • Penerbit: Mataram University Press Jln. Majapahit No. 62 Mataram-NTB Telp. (0370) 633035, Fax. (0370) 640189, Mobile Phone +6281917431789 e-mail: [email protected] website: www.uptpress.unram.ac.id.
     

    KATA PENGANTAR

    Alhamdulillah, puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT atas segala nikmat, rahmat, hidayah, dan cinta-Nya sehingga tim pengembang dapat menyelesaikan Buku Ajar Digital Tahun 2022. Pengembangan buku ajar digital ini dirasa perlu dilakukan mengingat salah satu rancangan proses perkuliahan adalah terdapatnya sumber belajar, yakni buku ajar. Buku ajar dirancang digital karena mengikuti permintaan dan kebutuhan pembelajaran yang bersifat daring atau blended (daring dan luring). Tim pengembang menyadari bahwa penyusunan buku ini masih belum sempurna. Semoga buku ini bisa menjadi titik awal pengembangan buku ajar digital pada mata kuliah Pembelajarann Matematika SD. Buku ajar digital ini nantinya diharapkan ammpu menambah sumber belajar mahasiswa dalam perkuliahan. Tim pengembang mengharapkan kritik dan saran yang bermanfaat bagi semua pihak.

    Mataram, 29 Juli 2022

    ttd Tim Penulis

    • Judul: Pembelajaran IPS SD: Berorientasi Project Based Learning Model Dan Keterampilan Abad 21
    • Penulis: Arif Widodo, M.Pd. Itsna Oktaviyanti, M.Pd.
    • Layout: Tim Mataram University Press
    • Design Sampul: Tim Mataram University Press
    • Design Isi: Tim Mataram University Press
    • Penerbit: Mataram University Press Jln. Majapahit No. 62 Mataram-NTB Telp. (0370) 633035, Fax. (0370) 640189, Mobile Phone +6281917431789 e-mail: [email protected] website: www.uptpress.unram.ac.id
     

    KATA PENGANTAR

    Pembelajaran daring menuntut mahasiswa untuk lebih terampil dalam belajar mandiri. Dalam pembelajaran mandiri dibutuhkan panduan atau buku ajar untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar. Maka dari itu perlu dikembangkan bahan ajar untuk membantu mahasiswa dalam belajar mandiri. Buku ajar ini dibuat dalam rangka memenuhi kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar digital untuk mendukung perkuliahan daring khususnya dalam mata kuliah “pembelajaran IPS SD”. Melalui buku ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dengan baik dan mampu mencapai kompetensi yang diharapkan dalam perkuliahan. Pembelajaran didesain dalam bentuk pembelajaran berbasis project based learning model yang dikombinasikan dengan pembelajaran kooperatif learning dengan menekankan aspek kolaborasi antar mahasiswa dalam pembelajaran. Dalam mengerjakan project mahasiswa dibimbing untuk kerja secara berkelompok untuk memperkuat unsur kolaborasi dan kerja sama dalam rangka mengembangkan keterampilan abad 21. Demikianlah bahan ajar ini dibuat, mudahmudahan memberikan manfaat kepada mahasiswa

    Mataram, 08 Agustus 2022

    Arif Widodo, M.Pd.

Title

Go to Top